Translate

Wednesday, October 17, 2012

Kunir Putih

Manfaat Kunir Putih

Kunir putih atau kunyit putih yang diramu ini merupakan gabungan kunyit putih mangga atau temu mangga (Curcuma mangga) dan temu putih (Curcuma zeodaria). Keduanya memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama. Warna umbinya kuning muda. Rimpang kedua jenis kunyit putih tersebut lebih besar dan lebih banyak dibanding rimpang kunyit biasa. Demikian juga umbi pokok (jawa : empu) kedua kunyit putih ini juga jauh lebih besar dibanding umbi pokok kunyit biasa/kunyit kuning. Hal yang sangat mencolok pada kunyit putih mangga adalah baunya yang sedap dan harum seperti bau mangga kweni. Sedangkan bau temu putih agak sedikit menyengat mendekati bau temu ireng (temu hitam).

Berdasarkan penelitian para ahli farmasi, ahli bioteknologi dan juga berdasarkan pengalaman para pengkonsumsinya kedua jenis kunyit putih tersebut manjur untuk menyembuhkan gangguan penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker leher rahim, kanker otak, kanker kulit, kanker prostat dan kanker usus. Juga efektif untuk mengatasi berbagai jenis tumor, kanker dan aneka radang dalam.
Gangguan radang dalam dapat ditemui di seluruh organ tubuh dan acap kali menyertai gangguan kesehatan pada umumnya seperti kanker, tumor, maag, radang lambung, radang usus besar bahkan juga gangguan radang pada sekitar saluran pernafasan seperti amandel, bronkhitis (radang tenggorokan), radang paru-paru, sinusitis (radang rongga sinus) laryngitis (radang pangkal tenggorokan) dan paryngitis (radang hulu tenggorokan).



 Para Ahli Herbal/Toga banyak yang menggunakan Kunir putih untuk mengobati Asam urat-Rheumatik karena secara Klinis Kunir Putih banyak mengandung ALP : Anti Lipid Peroksidasi yang dapat menetralisir/mengurangi kelebihan Zat-zat tertentu di dalam tubuh. baik juga untuk mengobati : Darah tinggi, Diabetes dan Jantung koroner.


Kunir Putih juga mengandung : Ribozome In Acting Protein/RIP serta Curcumin Anti Inflamasi untuk pengobatan penyakit kronis lainnya seperti : Tumor, Kanker, Polip, Amandel, Maag, Ambeien, Bronkhitis, Keputihan, Nyeri haid.

Cara membuat/mengolah Kunir Putih sebagai berikut :

* Beberapa siung Kunir Putih dicuci sampai bersih, adapun kulitnya jangan dikupas. Setelah bersih diiris tipis-tipis seperti mengiris bawang kemudian hasil irisan tersebut dijemur sampai kering. Setelah kerig ditumbuk atau digiling hingga menjadi bubuk halus.

Cara minum Kunir Putih  ada 2 cara :

1. Dengan cara Seduh : Campurkan 1 sendok teh (diperes) bubuk Kunir Putih dengan setengah gelas (200ml) air hangat, aduk sampai rata lalu diminum.

2. Dengan cara Kapsul : Masukkan 1 sendok teh (diperes) bubuk Kunir Putih kedalam kulit kapsul kosong(bisa dibeli di Apotik) kemudian minum dengan air hangat.

Aturan Minum Kunir Putih  :
Pengobatan : 3 kali sehari (1 kapsul/1 sendok teh) sesudah makan.
Pencegahan : 1 kali sehari (1 kapsul/1 sendok teh) sesudah makan.
Peringatan : Tidak untuk ibu hamil, ibu menyusui bayi yang berusia kurang dari 5 bulan. dan Anak dibawah usia 2 tahun


2 comments:

  1. mas saya bth bibit kunir putih (kunyit putih) apa ada stoknya. mhn hub saya 0852 62241168

    ReplyDelete
  2. Yang butuh bibit kunir putih/temu mangga atau temu hitam atau temu putih dll bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia @Trims Prabowo JOgja

    ReplyDelete